Dickie Setiawan - Top Leader Oriflame dan Founder Smart Club Indonesia, Hp: 0815 1120 2380 , Email: tanya@dickiesetiawan.com, Pin BB: 2A6B1718

MENCEGAH KEBUTAAN PADA MATA KARENA PENYAKIT RETINA

 

MENCEGAH KEBUTAAN PADA MATA KARENA PENYAKIT RETINA

RETINA MATA MEMEGANG PERANAN YANG AMAT VITAL UNTUK MELIHAT. MENJAGANYA DENGAN BAIK AKAN MEMBANTU ANDA TERHINDAR DARI RISIKO KEBUTAAN

 

MENCEGAH KEBUTAAN PADA MATA KARENA PENYAKIT RETINA – Salah satu bagian dari mata yang memegang peranan penting dalam proses melihat adalah saraf yang menyelimuti dinding mata bagian dalam dan peka terhadap cahaya.Pada dasarnya, retina adalah lapisan saraf yang menyelimuti dinding mata bagian dalam dan peka terhadap cahaya. Retina akan menangkap cahaya atau gambar yang masuk ke mata kemudian meneruskannya ke otak yang akan menerjemahkannya menjadi suatu benda yang dapat kita lihat.

 

MENCEGAH KEBUTAAN PADA MATA KARENA PENYAKIT RETINA – Selain retina, terdapat pula vitreus yang merupakan cairan kental jernih pengisi sebagian besar volume bola mata manusia. Dapat dikatakan bahwa vitreus membentuk bola mata kita. Pada orang yang masih muda, vitreus berbentuk seperti agar-agar (jelly). Semakin tua manusia, vitreus akan berubah menjadi lebih cair.

 

MENCEGAH KEBUTAAN PADA MATA KARENA PENYAKIT RETINA – Perlu diketahui bahwa terdapat bahwa terdapat banyak kelainan pada retina manusia, dari yang paling ringan hingga berat menyerang bayi, dewasa muda, hingga lanjut usia. Semua kelainan pada retina tersebut dapat menyebabkan kebutaan.

 

MENCEGAH KEBUTAAN PADA MATA KARENA PENYAKIT RETINA – Bayi premature dengan berat badan lahir sangat rendah terhadap suatu gangguan fungsi penglihatan yang disebabkan gangguan pertumbuhan pembuluh darah retina (neovaskularisasi). Neovaskularisasi ini dapat menimbulkan komplikasi berupa pendarahan ke vitreus dan dapat pula menyebabkan tarikan pada retina, hingga dapat pula menyebabkan tarikan pada retina sehingga dapat terlepas. Kumpulan keadaan ini disebut dengan Retinopathy of Prematurity (ROP) yang dapat menyebabkan kebutaan permanen pada bayi.

 

MENCEGAH KEBUTAAN PADA MATA KARENA PENYAKIT RETINA - Dokter akan memeriksa dan memantau secara berkala terhadap bayi yang terkena ROP. Bila perlu, dokter akan melakukan tindakan berupa laser fotokoagulasi, penyuntikan obat ke dalam mata, hingga operasi untuk mencegah kebutaan.

 

MENCEGAH KEBUTAAN PADA MATA KARENA PENYAKIT RETINA – Pada dewasa muda, kemungkinan pendarahan retina dapat terjadi. Hal ini terjadi karena trauma tembus mata, peradangan, robek dan lepasnya lapisan retina (Ablasio mata), serta adanya benda asing di vitreus dan retina, dokter akan melakukan operasi atau penyuntikan obat ke dalam bola mata.

 

MENCEGAH KEBUTAAN PADA MATA KARENA PENYAKIT RETINA – Ablasio retina terjadi apabila retina terlepas dari perlekatannya, hal ini diawali oleh robeknya retina yang diikuti masuknya cairan pada robekan tersebut. Beberapa penyebab ablasio mata adalah miopa tingu, trauma mata, dan riwayat operasi pada mata tersebut. Kebanyakan kasus ablasio retina memerlukan tindakan operasi untuk merekatkan kembali retina yang lepas tersebut agar penderita tidak buta.

 

MENCEGAH KEBUTAAN PADA MATA KARENA PENYAKIT RETINA – Penyakit diabetes mellitus (kencing manis) juga dapat menyebabkan kelainan pada retina yan disebut dengan retinopati diabeteka. Penderita diabetes yang memiliki retinopati diabetika memiliki risiko dua puluh lima kali lebih besar mengalami kebutaan dibandingkan dengan orang yang tidak mengalami diabetes.

 

MENCEGAH KEBUTAAN PADA MATA KARENA PENYAKIT RETINA - Sebaiknya penderita diabetes menjalani pemeriksaan mata lengkap ke dokter mata sedikitnya satu kali setahun untuk mencegah timbulnya retinopati diabetika, sekaligus sebagai upaya deteksi dini. Apabila ditemukan retinopati diabetika maka dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan lanjutan dan prosedur tindakan mulai dari laser fotokoagulasi, penyuntikan obat, hingga operasi (vitrektomi). Sementara itu, pada usia lanjut,

 

MENCEGAH KEBUTAAN PADA MATA KARENA PENYAKIT RETINA – disebabkan oleh proses penuaan dapat terjadi kerusakan pada macula yang disebut dengan Age Related Macular Degeneration (AMRD). Makula adalah sentral penglihatan yang terdapat pada retina dan berfungsi untuk penglihatan detail dan tajam, termasuk pada saat membaca. Penyakit ini juga dapat menyebabkan kebutaan.

 

 

MENCEGAH KEBUTAAN PADA MATA KARENA PENYAKIT RETINA – Gejala Degenerasi Makula adalah penglihatan terhadap warna menjadi buram, huruf pada halaman pun buram, melihat garis lurus tampak menjadi bengkok atau miring terutama di bagian tengah lapang pandang dan terdapat daerah gelap di tengah lapang pandang, sementara daerah sekitarnya jelas. Penanganan penyait degenarasi macula sampai saat ini dengan penyuntikan obat ke dalam bola mata, hingga pemberian vitamin dosis tinggi yang bertujuan menghambat kemunduran fungsi penglihatan. Pemakaian kaca anti ultraviolet pada siang hari juga dapar mencegah bertambah beratnya penyakit ini.

 

MENCEGAH KEBUTAAN PADA MATA KARENA PENYAKIT RETINA – Setelah mengetahui betapa pentingnya memelihara retina, jangan abaikan jika terdapat keluhan penglihatan ataupun kelainan pada mata. Lakukan pemeriksaan rutin satu atau dua kali setahun, meski tak ada keluhan yang dirasakan.

MENCEGAH KEBUTAAN PADA MATA KARENA PENYAKIT RETINA

 

MENCEGAH KEBUTAAN PADA MATA KARENA PENYAKIT RETINA

Dickie Setiawan - Top Leader Oriflame dan Founder Smart Club Indonesia, Hp: 0815 1120 2380 , Email: tanya@dickiesetiawan.com, Pin BB: 2A6B1718

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


+ 7 = 9

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

1,363 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

wordpress best themes - 2012 wordpress theme - magazine wordpress themes